Lisensi

TqR4TFX7TFdmYFG4TFI4TZNbTKTusBSpMXQpaVQps6ft

Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pembelajaran

smam9sby
0 Comments
Artikel,

Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pembelajaran

www.smam9sby.sch.id - 
Manusia jaman now alias manusia jaman sekarang tidak lepas dari media sosial, terutama anak muda, bahkan media sosial sudah menjadi kebutuhan hidup. Pro dan kontra mengenai sosial media terus perkembang, hal ini bukan tanpa alasan, sebab seiring berjalannya waktu banyak masyarakat diantara kita yang kurang bijak dalam memanfaatkan media sosial. Kemudian baiknya tindakan seperti apa yang perlu dilakukan supaya media sosial membawa dampak positif bukan sebaliknya. Sehingga media sosial ini bisa diumpamakan seperti pisau, bisa bermanfaat dengan baik asalkan dipergunakan dengan bijak. Maka sebagai guru yang merupakan pendidik, dapat juga memanfaatkan media sosial sebagai sarana pembelajaran.

Ada sebuah ungkapan Sahabat Nabi, Ali bin Abi Thalib yang cukup fenomenal mengenai pendidikan anak yakni “Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian”. Maka sebagai pendidik sebaiknya memanfaatkan perkembangan zaman, dimana zaman sekarang penggunaan media sosial berpengaruh terhadap pola pikir anak. 

Pelajaran matematika dari dulu sudah dianggap sulit dipahami oleh anak-anak. Maka bagaimana caranya guru sebagai pendidik mencari jalan keluar agar pelajaran matematika digemari dan tidak ditakuti oleh anak-anak. Menurut saya, media sosial bisa digunakan sebagai sarana untuk menjembatani hal tersebut. Penggunaan media sosial diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa agar tertarik mempelajari matematika. 

Media sosial yang sedang booming dan digemari oleh anak seumuran SMA adalah Instagram dan Tik Tok. Maka diharapkan melalui media tersebut siswa menjadi tertarik dengan pelajaran matematika. Siswa tidak hanya menikmati medianya, tapi juga ikut dalam proses pembuatan media tersebut. Siswa secara individu membuat video pendek yang berisikan konten pelajaran matematika. Video pendek yang dihasilkan bisa bermacam-macam, ada yang menyelipkan suatu definisi dengan background suatu gambar atau foto, ada yang menampilkan video gerakan suatu koreografi. Berikut ini adalah video-video yang dihasilkan oleh para siswa kls XII-MIPA SMA Muhammadiyah 9 Surabaya bulan Maret tahun 2021.

By Wahidatu Husna, S.Si (Guru Matematika)

Publish: 21 Maret 2021
Update: 20 Oktober 2021

PENDAFTARAN PESETA DIDIK BARU

Kami mengundang putra terbaik Negeri untuk bergabung bersama SMA Muhammadiyah 9 Surabaya

Form Bantuan Whatsapp

Hello! Ada yang bisa dibantu?
×