> -->

Sosialisasi Sekolah Rujukan SMA

Sosialisasi Sekolah Rujukan SMA
Konten [Tampil]
www.ismuba-smam9sby.sch.id - Sabtu (28/07/2018) tadi, tepat pukul 08.30 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, salah satu guru SMA Muhammadiyah 9 Surabaya dan SMA Muhammadiyah Surabaya lainnya menghadiri acara Sosialisasi Sekolah Rujukan tingkat SMA. Dalam pembukaan acara tersebut, Astajab, S.Pd, MA menjelaskan bahwa terdapat 8 kriteria untuk menjadi sekolah rujukan, yaitu; pertama, melaksanakan kurikulum 2013. kedua, memiliki akreditasi A atau tertinggi se kota baik sekolah SMA negeri maupun swasta. ketiga, pernah sebagai sekolah model. keempat, memiliki praktik baik dan inovasi pendidikn yang layak dijadikan rujukan bagi SMA lain. kelima, memiliki prestasi akademik maupun non akademik. keenam, memiliki akses yang mudah dijangkau. ketujuh, mempertimbangkan nilai Ujian Nasional (UN) dan indeks integritas Ujian Nasional (IIUN) pada sekolah yang bersangkutan dan kedelapan, bersedia memberikan pengimbasan praktik baik inovasi pendidikan yang dimiliki ke SMA lain.

Dr. Anik Susiati Ningsih, M.Si pengawas dari Diknas Provinsi Jatim menambahkan "bahwa sejatinya sekolah rujukan merupakan program diknas provinsi selain sekolah kewirausahaan, dan bukan merupakan label sekolah". "Sekolah rujukan  juga harus mengimplementasikan kurikulum 2013 abad 21 yang terintegritasi dengan STEM (science, technology, engineering and matematic), 4C (communication, collaboration, critical thinking and problem solving, and creativity and innovation) serta budaya literasi" lanjutnya.

Jadi sebagai sekolah rujukan harus sudah berbasis IT dalam proses pembelajarannya, serta mengaplikasikan e-rapor 2018 versi d, imbuhnya lagi. Untuk itu kita sebagai salah satu diknas provinsi Jawa Timur tidak asal memilih sekolah yang dijadikan rujukan, tetap ada nilai-nilai dan kriteria-kritera yang harus dicapai. 

Kegiatan Sosialisasi sekolah rujukan SMA yang dihadiri oleh Sekretaris Dikdasmen Surabaya Jumadi, MA, Ketua Komite Sekolah SMAMDA Mahfud S.H, MA, Pengawas Diknas Provinsi Jawa Timur Dr. Anik Susiati Ningsih, M.Si serta Kepala Sekolah Se-Surabaya tersebut berjalan dengan lancar dan menambahkan ilmu kepada sekolah imbas dikalangan sekolah Muhammadiyah.
Share
SMA Muhammadiyah 9 Surabaya merupakan Sekolah berbasis The Islamic Entrepreneur School dengan Semboyan MUSE (mandiri unggul sukses entrepreneur)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel