> -->

Mewujudkan Sekolah Berkemajuan Era 4.0

Mewujudkan Sekolah Berkemajuan Era 4.0
Konten [Tampil]
www.ismuba-smam9sby.sch.id -  Hari ini (25/07/2018), Pimpinan Majelis Dikdasemen Kota Surabaya mengadakan silaturrahim guru Se-Surabaya, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK Muhammadiyah. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 1.000 lebih guru Muhammadiyah dengan narasumber oleh sekretaris dirjen Kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) Dr. Sutato. 

Dalam kegiatan silaturrahim tersebut dengan tema "Mewujudkan Sekolah Berkemajuan Era 4.0" Narasumber Dr. Sutato menjelaskan bahwa "Pendidikan sekarang sudah mengalami kemajuan yang pesat dalam bidang ilmu pengetahuan informasi dan teknologi". Hal ini merupakan dampak dari revolusi industri generasi ke empat, yang biasa dikenal dengan revolusi industri 4.0 (empat titik nol). 

Hakikatnya revolusi industri tersebut sudah ada sejak awal abad 18, lebih tepatnya pada tahun 1784 dimana pada saat itu pertama kami muncul teknologi berupa mesin uap yang menimbulkan berkembangnya kemajuan perekonomian dunia. Kemudian pada tahun 1870, terjadi revolusi industri yang kedua atau generasi kedua dengan ditandai dengan munculnya mesin pembangkit listrik, telepon, mobil, pesawat terbang dan laing sebagainya. Berlanjut pada tahun 1969 muncul revolusi industri generasi ketiga dengan munculnya komputer yang saat itu masih bersifat sederhana, internet dan digital yang dapat mempengaruhi budaya serta beradapan zaman. 

Dengan ketiga generasi tersebut, di era generasi Z abad ke-20 ini muncul kembali revolusi industri generasi keempat. Dimana genarasi ini perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat dibanding dengan generasi sebelumnya. Era 4.0 ini menjadikan hampir semuanya bersifat digital, sebagaimana smart phone yang merupakan kecerdasan buatan revolusi industri era 4.0.

Hal tersebut menjadikan tantangan yang luar biasa bagi dunia pendidikan. Media dan strategi yang lama tentunya membutuhkan upgrade untuk mengembangkan kompetensi guru yang kebanyakan notabenya generasi X dan Y agar tidak ketinggalan jauh dengan peserta didik yang hidup pada masa generasi Z ini. 

Untuk mengupgrade kompetensi tersebut, dalam situs al-islamk.blogspot.com "Upgrade Kapasitas Guru untuk mewujudkan pendidikan revolusi 4.0" Azid Zainuri mengutip pendapat Ir. Andrey wakil rektor UMN menjelaskan setidaknya ada 5 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yaitu kemampuan memecahkan masalah, beradaptasi, kolaborasi, kepemimpinan, dan kreatifitas serta inovasi.

Kegiatan tersebut disambut meriah oleh para guru Muhammadiyah sesurabaya, salah satunya adalah SMA Muhammadiyah Surabaya yang biasanya disebut SMA Muse. Salam generasi muse dan selamat bergabung #ENTREPRENEUR




Share
SMA Muhammadiyah 9 Surabaya merupakan Sekolah berbasis The Islamic Entrepreneur School dengan Semboyan MUSE (mandiri unggul sukses entrepreneur)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel