> -->

FORTASI: Bersedakah Melalui Ilmu Ekologi

FORTASI: Bersedakah Melalui Ilmu Ekologi
Konten [Tampil]

www.ismuba-smam9sby.sch.id - Bersedakah dengan ilmu ekologi? apakah bisa? sebelum menjawab hal itu perlu kita ketahui bahwa sedekah merupakan arti kata yang diambil dari kata Arab yakni "Shadaqah" yang artinya pemberian dari seseorang kepada orang lain. Sedangkan ekologi sendiri merupakan kata yang berasal dari dua kata yakni Oikos yang artinya habitat dan logos yang artinya ilmu, jadi ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan.

Pada hari keempat, hari kamis (19/07/2018) inilah SMA Muhammadiyah9 Surabaya mengadakan pelatihan budidaya tanaman sayuran melalui program GDM (Gajah dipelupuk mata), GDM sendiri merupakan program dari PT. Graha Alam Sempurna dengan salah satu tujuan mereka adalah mewujudkan Indoensia gemah ripah loh jinawi . Filosofi nama GDM berawal dari sebuah kesempatan didepan mata, yang mana sejatinya seseoang mempunyai peluang untuk menjadi lebih baik dan berkembang. Dari pelatihan tersebut, Narasumber dari GDM Bapak wahyu menyampaikan makna dari ekologi yang merupakan materi pokok sebagai terori pelatihan menanam sebelum peserta didik SMA Muse nantinya praktek menanam sayuran. Menurut beliau, ekologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan, dimana maksud dari interaksi disini adalah bisa melalui menolong, merawat, dan bersedakah.

Dari ketiga penjabaran makna interaksi tersebut, pasti kita bertanya-tanya? apakah bisa kita bersedakah dengan tumbuhan? jawabannya tentu BISA, lantas bagaimana caranya?. Secara naluri, untuk merawat tumbuhan pastilah kita setiap hari melakukannya, namun untuk bersedekah kita berfikir bahwa kita tidak pernah melakukannya. Pernyataan tersebut adalah kurang benar, karena pada dasarnya kita setiap saat bisa jadi bersedekah melalui ilmu ekologi.

Dengan merawat tumbuhan, sejatinya kita juga sudah bersedekah. Dengan merawat tumbuhan maka oksigen yang ada didalam daun tumbuhan tersebut akan menjadi baik dan segar. Dengan oksigen dari tumbuhan, udara akan menjadi bersih. Dan dengan udara yang bersih maka kita dapat bernafas dengan baik dan sehat. Itulah salah satu manfaat dan sekaligus bersedakah melalui ilmu ekologi. 

Meskipun secara agama Islam, senyum pun merupakan sedekah. Tidak ada salahnya kita bersedekah dengan berbagai cara, yang pasti tujuannya adalah untuk hal positif bagi kebaikan orang lain dan mendapat pahala. 

Untuk itulah, peserta didik dalam kegiatan FORTASI ini peserta didik SMA Muse diberi pelatihan cara menanam dan merawat tanaman yang dibimbing langsung oleh GDM. Semoga kegiatan tersebut mengisnpirasi anak muse untuk terus menjaga dan memanfaatkan lingkungan dengan baik. 

Salam dari generasi muse dan selamat bergabung #ENTREPRENEUR









Share
SMA Muhammadiyah 9 Surabaya merupakan Sekolah berbasis The Islamic Entrepreneur School dengan Semboyan MUSE (mandiri unggul sukses entrepreneur)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel