> -->

PR IPM SMA Muhammdiyah 9 Surabaya Gelar Kajian Untuk Memperingati Tahun Baru Hijriah

PR IPM SMA Muhammdiyah 9 Surabaya Gelar Kajian Untuk Memperingati Tahun Baru Hijriah
Konten [Tampil]

www.ismuba-smam9sby.sch.id - Hari ini adalah tanggal 11 September 2018 M yang bertepatan dengan  tanggal 1 Muharrram 1440 H. Dimana merupakan awal tahun hijriyah bagi umat Islam. Untuk memperingati pergantian tahun Islam inilah, kemaren 10/09/2018 PR IPM SMA Muhammadiyah 9 Surabaya mengadakan kajian dengan tema "Bermuhasabah Diri Di Tahun Baru Hijriyah 1440 H". Ketua Bidang KDI (Kajian dan Dakwah Islam) PR IPM Muse, Rachel mengungkapkan dengan tema tersebut berharap anak muse untuk mengenropeksi diri dan menjadi lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Selain itu Ustadzah Shahihfah juga mengungkapkan bahwa pada hakekatnya penamaan Hijriyah bagi umat Islam meupakan sejarah Nabi Muhammad SAW hijrah dari kota Makkah ke Kota Madinah dengan tujuan agar lebih baik.

Dari kegiatan tersebut, PR IPM Muse mengundang Bu Aslamiyah, pengurus Panti Asuhan Aisyiyah Kebon Sari yang berbasis entrepreneur. Hal ini senada dengan basis SMA Muhammadiyah 9 Surabaya yakni The Islamic Entreprenur Shcool. Dari hasil kajian memperingati 1 Muharram 1440 H, peserta didik secara tidak langsung sudah mengupgrade keilmuan mereka tentang pentingnya sejarah Islam dan hijrah dari yang kurang baik menjadi lebih baik. Selain itu dari penjelasan Bu Aslamiyah yang sudah di rangkum oleh anak muse, mereka mengungkapkan telah tahu akan kalender hijriah yang berbeda dengan tanggal masehi. Dimana tanggal masehi terdapat 30 dan 31 hari setiap bulannya kecuali bulan februari 28/29 hari, namun untuk bulan hijriah terdapat 29 dan 30 hari setiap bulannya sehingga tidak heran setiap tahunnya perbedaan antara tahun masehi dan hijriah kurang lebih memiliki selisih 10 hari.

Lanjutnya juga, mereka juga telah mengetahui bahwasannya sejarah tahun hijriah adalah dimana diambil dari awal Nabi Muhammad SAW hijrah dari Makkah ke Madinah, dan keputusan ini bermula pada gagasan sahabat Umar bin Khattab. Oleh karena itu tujuan kajian ini dibuat sangat bersinergi dengan apa yang terdapat dalam sejarah.

Semoga dengan kegiatan tersebut, anak muse menjadi lebih terupgrade baik kapasitas keilmuan, perilaku yang meneladani dari sosok Nabi Muhammad SAW dan sesalu semangat dalam entrepreneur. Amin.
Share
SMA Muhammadiyah 9 Surabaya merupakan Sekolah berbasis The Islamic Entrepreneur School dengan Semboyan MUSE (mandiri unggul sukses entrepreneur)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel